Hubungan Antara Faktor Sosial Media Dengan Pembentukan Karakter Berbasis Islami Pada Remaja Di Fakultas Kesehatan Dan farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Diah Suud Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina
Keywords: Media Sosial, Pembentukan Karakter Islami, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Kemajuan teknologi yang dapat mengakibatkan perubahan prilaku sosial remaja di lingkungan social, perubahannya dapat berupa pandangan manusia terhadap interaksi sosial, budaya dan system kepercayaan,nilai agama dan politik. kemudahan akses informasi ini didukung oleh adanya fitur-fitur aplikasi media sosial yang diperoleh gratis di smartphone ataupun perangkat lainnya yang dapat dikoneksikan dengan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial media dengan pembentukan karakteristik berbasis islami pada remaja di fakultas kesehatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling, dengan teknik analisis chi square. Sampel adalah mahasiswa fakultas kesehatan dan farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sebanyak 241 mahasiswa sebagai responden dengan total populasi 603 mahasiswa dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner.

Hasil: Hasil penelitian ini diperoleh nilai P value 0,032 < a 0,05 berarti terdapat hubungan yang signifikan antara factor sosial media dengan pembentukan karakter islami pada remaja fakultas kesehatan dan farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Diperoleh nilai odd ratio sebesar 1,807, artinya faktor sosial media yang baik 1,807 kali membentuk prilaku islami pada remaja fakultas kesehatan dan farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Manfaat: Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi sebagai data awal penelitian selanjutnya mengenai faktor media sosial yang berhubungan dengan pembentukan karakteristik islami pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27