Hubungan Teman Sebaya dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Dita Veranita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Teman Sebaya, Konsumsi Buah Dan sayur, Mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui “Hubungan Teman Sebaya Dengan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Mahasiswa Kesehatan Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur”

Metodologi: Penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif yang berjenis penelitian observasional yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung maupun tidak langsung,  pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling dan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang sudah valid dan penelitian ini menggunakan analisa bivariat uji statistik spearman rank.

Hasil: Diperoleh hasil yaitu terdapat hubungan yang signifikan pada teman sebaya dengan konsumsi buah dan sayur dengan p-value 0,002 yang berarti hipotesis nol ditolak.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi sumber informasi kepada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur agar konsumsi buah dan sayur dilingkungan teman sebayanya diterapkan dengan baik sehingga mampu mencapai batas kecukupan konsumsi buah dan sayur yang sesuai dengan anjuran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)