Hubungan Ketersediaan Buah dan Sayur dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan Di Univertsitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Safitri Ani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina
Keywords: Ketersediaan Buah dan Sayur, konsumsi, mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini ialah untuk Menganalisis “Hubungan Ketersediaan Buah dan Sayur dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur”.

Metodologi: Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode potong lintang (cross section study) untuk menganalisis ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur dikalangan mahasiswa kesehatan. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling ialah proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Jumlah sampel pada penelitian ini ialah 239 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis bivariat pada penelitian ini menggunakan uji statistik Spearman’s Rank (rho).

Hasil: Didapatkan hasil mayoritas mahasiswa kesehatan kurang mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 177 mahasiswa (74,1%), dan mahasiswa yang memiliki ketersediaan buah dan sayur yang kurang sebanyak 113 mahasiswa (47,3%). dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur,dengan p-value sebesar 0,000 yang berarti p<α (0,05).

Manfaat: dapat meningkatkan kebiasaan responden dalam menyediakan buah dan sayur, serta menerapkan konsumsi buah dan sayur sesuai anjuran, serta dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan mengenai pentingnya ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>