Hubungan Laboratorium Kadar Trombosit dan Status Gizi sebagai Faktor Resiko DHF Pada Pasien Anak di Puskesmas Mangkurawang Tenggarong

  • sri wulandari UNIVERSITAS MUHAMADIYAH KALIMANTAN TIMUR SAMARINDA
  • Fatma Zulaikha
Keywords: alini2012

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara Perubahan Status Gizi dan Perubahan Trombosit pada anak sebagai faktor resiko DHF di Puskesmas Mangkurawang Tenggarong.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Restrospektif, penelitian berupa pengamatan terhadap peristiwa yang telah terjadi dan bertujuan mencari tahu faktor yang berhubungan dan penyebab terjadinya suatu kejadian.

Hasil : Distribusi frekuensi data responden berdasarkan usia terbanyak adalah usia 5 tahun sebanyak 19 orang (18.8%) dan usia 13 tahun 19 orang (18.8%) jenis kelamin terbanyak adalah laki laki (57,5%). Berdasarkan kejadian DHF di Puskesmas Mangkurawang selama 2017-2019 sebanyak (89,1%) untuk nilai trombosit pada anak yang mengalami kejadian DBD di Puskesmas Mangkurawang didapatkan data normal (57,4 %) Status Gizi pada anak yang mengalami kejadian DBD di Puskesmas Mangkurawang Didapatkan data anak dengan gizi kurang sebanyak (72.3%). Dimana nilai r pada kadar trombosit yaitu ada hubungan yang siginifikan antara kadar trombosit dengan kejadian DHF.Dan niai r pada status gizi yaitu tidak Terdapat hubungan yang sigkanifikan antara status gizi dengan kejadian DHF.

Manfaat: Sebaiknya intitusi Puskesmas dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk mengetahui Hubungan kadar Trombosit dengan Satatus Gizi terhadap kejadian Demam Berdarah Dengue di Lingkup Kerja Puskesmas Mangkurawang Kutai Kartanegara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27