Hubungan Berat Badan Lahir Rendah & Pemberian Vitamin A Terhadap Kejadian Ispa Pada Balita: Literature Review Tahun 2021

  • Ferra Yuliana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fatma Zulaikha
Keywords: Balita, BBLR, ISPA, Pemberian Vitamin A

Abstract

Tujuan Studi: Review artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan berat badan lahir rendah dan pemberian vitamin A terhadap kejadian ispa pada balita dengan penelitian sebelumnya.

Metodologi: Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengn metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi: Jurnal bahasa Indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak Balita usia 0-59 bulan dengan ispa, artikel orisil full text, tema artikel Hubungan berat badan lahir rendah dan pemberian vitamin A terhadap kejadian Ispa pada Balita.

Hasil : Hasil studi 15 jurnal artikel penelitian berdasarkan 3 database yaitu google Scholar, Pubmed, dan SinceDirect terdapat 14 jurnal penelitian yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara berat badan lahir rendah (BBLR) terhadap kejadian Ispa pada Balita maupun pemberian Vitamin A terhadap kejadian Ispa pada Balita namun masih ada 1 jurnal yang menyatakan bahwa tidak adanya hubungan antara berat badan lahir rendah (BBLR) dengan kejadian Ispa pada Balita.   

Kesimpulan : Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan dan referensi khususnya di area keperawatan anak dan bisa menjadi bahan perbandingan peneliti terkait dengan fenomena atau variabel yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29