Hubungan Status Imunisasi dan Asupan Vitamin A terhadap Kejadian Diare pada Balita: Literature Review

  • Laras Tri Anjari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fatma Zulaikha
Keywords: Status Imunisasi, Vitamin A, Diare, Balita

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui Hubungan Status Imunisasi dan Asupan Vitamin A dengan Kejadian Diare Pada Balita.

Metodologi : Metode penelitian ini adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka atau penelitian melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah) terkait variabel penelitian. Kriteria inklusi : Jurnal bahasa Indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak usia 12 - 59 bulan dengan kejadian diare, artikel penelitian full teks (bukan review penelitian), tema artikel hubungan status imunisasi dan asupan vitamin A dengan kejadian diare pada balita.

Hasil : Berdasarkan hasil studi 15 jurnal artikel yang telah dilakukan analisis literature review, dari 2 database yakni google scholar dan pubmed, didapatkan 15 jurnal artikel yang terdiri dari 7 jurnal nasional dan 8 jurnal internasional, ditemukan 7 jurnal status imunisasi dan 8 jurnal asupan vitamin A yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita. Dimana, status imunisasi tidak lengkap serta asupan vitamin A yang kurang beresiko menyebabkan terjadinya diare pada balita.

Kesimpulan : Penelitian literature review ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara status imunisasi dan asupan vitamin A dengan kejadian diare pada balita usia 12 – 59 bulan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13

Most read articles by the same author(s)