Hubungan ASI Eksklusif Dan Status Imunisasi Terhadap Kejadian ISPA Pada Balita: Literature Review

Authors

  • Dobby Aldinatha Juce Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fatma Zulaikha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

ASI Eksklusif, Balita, ISPA, Status Imunisasi

Abstract

Tujuan studi: Review Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ASI Eksklusif dan Status Imunisasi terhadap kejadian ISPA pada Balita.

Metodologi: Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi: Jurnal bahasa indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021, anak Balita Usia 12- 59 bulan dengan Ispa, artikel original full text, tema artikel Hubungan ASI Eksklusif dan Status Imunisasi terhadap kejadian ISPA pada Balita.

Hasil: Dari 15 jurnal artikel penelitian berdasarkan 3 database yaitu google Scholar, PubMed, dan Portal Garuda terdapat 14 jurnal penellitian yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara ASI Eksklusif terhadap kejadian Ispa pada Balita maupuan Status Imunisasi terhadap kejadian Ispa pada Balita namun masih ada 1 jurnal yang menyatakan bahwa tidak adanya hubungan antara ASI Eksklusif dan Status Imunisasi dengan kejadian ispa pada balita.

Manfaat: Terdapat hubungan yang signifikat antara ASI Eksklusif dan Status Imunisasi terhadap kejadian ISPA pada Balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>