Hubungan Status Imunisasi dan Status Gizi Terhadap Kejadian Ispa Pada Balita

Authors

  • Ayu Cita Larasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fatma Zulaikha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

infeksi saluran pernafasan akut, status gizi, status imunisasi

Abstract

Tujuan: Review Artikel ini bertujuan unttuk mengetahui hub ngan status imunisasi dan status gizi terhadap kejadian Ispa pada Balita.

Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi: Jurnal bahasa indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak Balita Usia 12- 59 bulan dengan Ispa, artikel orisinil full text, tema artikel Hubungan status imunisasi dan status gizi terhadap kejadian Ispa pada Balita.

Hasil: Dari 15 jurnal artikel penelitian berdasarkan 3 database yaitu google Scholar, PubMed, dan SinceDirect terdapat 13 jurnal penellitian yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara status imunisasi terhadap kejadian Ispa pada Balita maupuan Status gizi terhadap kejadian Ispa pada Balita namun masih ada 2 jurnal yang menyatakan bahwa tidak adanya hubungan antara pemberian imunisasi dan status gizi dengan kejadian ispa pada balita.

Manfaat: peneitian Literature review menunjukkan adanya hubungan status imunisasi dan status gizi terhadap kejadian ispa pada balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>