Literatur review hubungan karakteristik personal dengan kepatuhan mengikuti therapeutic community pada pengguna narkoba

Authors

  • Hendra Zidane Fadillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali

Keywords:

karakteristik personal, kepatuhan, therapeutic community, pengguna narkoba

Abstract

Tujuan Studi : Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hubungan karakteristik personal residen dengan kepatuhan mengikuti therapeutic community.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Dalam hal ini sumber penelitian cenderung bersifat sekunder, yaitu data yang diperlukan dalam mendukung hasil penelitian dari literature artikel hasil penelitian yang dipublikasi.

Hasil : Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggambarkan hubungan antara variabel karakteristik personal dengan variabel kepatuhan dalam menjalani therapeutic community  pada pengguna narkoba melalui review beberapa artikel  jurnal yang berhubungan dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert (terbuka dengan dunia luar) menjadi faktor yang berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhannya terhadap aturan ataupun perintah.

Manfaat : Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan manfaat berupa menambah informasi mengenai hubungan karakteristik personal dengan kepatuhan menjalani therapeutic community, bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat menjadi referensi bagi peneliti berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>