Hubungan Antara Faktor Teman Sebaya dengan Pembentukan Karakter Berbasis Islami pada Remaja di Fakes UMKT

  • Umil Makarim Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Karakter, Teman Sebaya, Remaja

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor teman sebaya dengan pembentukan karakter berbasis Islami pada remaja di fakultas kesehatan dan farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi : Desain yang di gunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan desain cross sectional dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling sebanyak 241 remaja di Fakultas Kesehatan dan Farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dilakukan analisis data univariat dan bivariat.

Hasil : Hasil uji Chi Square menunjukan dari hasil uji chi square antara variabel teman sebaya dengan pembentukan karakter Islami didapatkan nilai signifikansi p-value 0,046 < 0,05.

Manfaat : Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan Antara Faktor Teman Sebaya dengan Pembentukan Karakter Berbasis Islami pada Remaja di Fakultas Kesehatan dan Farmasi di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27