Analisis Faktor Kecemasan yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Wanita di Daerah Banjir Perumahan Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur

Authors

  • lisna wati universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Mukhripah Damaiyanti

Keywords:

Banjir, Kualitas, hidup, Kecemasan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang faktor kecemasan yang berhubungan dengan kualitas hidup wanita di daerah banjir Perumahan Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur.

Metodologi: Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitan deskriptif. Dalam penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, dari hasil perhitungan sampel didapatkan 304 responden wanita yang termasuk dalam kriteria inklusi dan eksklusi.

Hasil: Dari penelitian yang dilakukan ini didapatkan hasil p-value pada domain 1 (fisik) dengan kecemasan sebesar 0,000. Didapatkan hasilp-value pada domain 2 (psikologis) dengan kecemasansebesar 0,000. Didapatkan hasil p-value pada domain 3 (hubungan sosial) dengan kecemasan sebesar 0,007. Didapatkan hasil p-value pada domain 4 (lingkungan) dengan kecemasan sebesar 0,000.

Manfaat: Diharapkan dapat menjadi masukan terkait hubungan kecemasan dengan kualitas hidup wanita yang tinggal di daerah banjir guna menjadi data.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-27

Most read articles by the same author(s)

> >>