Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Status Pekerjaan Orang Tua Terhadap Gizi Kurang Pada Remaja di SMPN 8 Samarinda

Authors

  • Renaldi Juliantara Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho

Keywords:

parental education level, occupational status of parents, teenagers, underweight

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pendidikan orang tua dan status pekerjaan orang tua terhadap gizi kurang pada remaja di SMPN 8 Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 169 siswa SMPN 8 Samarinda yang dipilih dengan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua dan tingkat pendidikan orang tua sedangkan variable dependen pada penelitian ini yakni gizi kurang. Pengumpulan data menguunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kemudian mengkonversikan data ke dalam nilai standard (ⱬ-score) menggunakan Software WHO Anhtro Plus kemudian data dianalisa menggunakan Statistik Package for the Sosisal Science (SPSS) menggunakan uji Fisher-Exact dengan signifikan α = 0,05.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua (Ayah p=0,170) (Ibu p=0,258) dan status pekerjaan orang tua (Ayah p=1) (Ibu p=0,119) dengan gizi kurang remaja.

Manfaat: Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai data awal atau sumber informasi mengenai tingkat pendidikan orang tua dan status pekerjaan orang tua dengan gizi kurang pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-28

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>