Hubungan Konsumsi Sayur dan Buah terhadap Gizi Kurang Pada Remaja

Authors

  • Erita Nadia Wahyuni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho

Keywords:

konsumsi sayur, konsumsi buah, gizi kurang, remaja

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsumsi sayur dan buah terhadap  gizi kurang pada remaja di SMPN 8 Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 8 Samarinda yang berjumlah 844 responden, yang diambil dengan teknik total sampling sehingga total sampel yang digunakan adalah 844 responden, tetapi karena terkendala pandemic Corona, sampel yang didapatkan hanya berjumlah 169 responden. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kemudian mengkonversikan data ke dalam nilai terstandar (z-score) menggunakan Software WHO Anthro Plus. Kemudian data dianalisa menggunakan Statistic Package for the Social Science (SPSS) yang kemudian dilanjutkan dengan uji Chi-Square dengan signifikansi α = 0.05.

Hasil: Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan konsumsi sayur (p = 0,513) dan konsumsi buah (p = 0.074) dengan gizi kurang pada remaja di SMPN 8 Samarinda.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan, informasi pembanding, pertimbangan, pengembangan penelitian sejenis untuk melakukan penelitian lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-26

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>