Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Return Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman

Authors

  • Ricky Adha Faronika Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yulia Tri Kusumawati

Keywords:

Earning Per Share, Price Earning Ratio, Return Saham

Abstract

Abstrak

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menguji pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020..

Metodologi: Motode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25..

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham dan Price Earning Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham, secara simultan variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan Makanan dan Minuman  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Manfaat: Manfaat yang diharapkan penulis peroleh dalam penelitian ini antara lain:

  1. Manfaat Teoritis, Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang teori-teori yang akan diteliti dalam penelitian ini dan juga dengan memberikan bukti empiris pada data objek yang diteliti mengenai pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap return saham, sehingga bagi penelitian selanjutnya dapat memperluas, mengembangkan dan menyempurnakannpenelitian ini.
  2. Manfaat Praktik: -Bagi investor, penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan transaksi saham yang akan diperjual-belikan di pasar modal dengan melihat analisis dari pengaruh rasio-rasio keuangan perusahaan yang akan diteliti yang mempengaruhi return.  -Bagi perusahaan, penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam perumusan kebijakan keuangan terutama mengenai saham dan pasar modal.

 

Abstract

Purpose of study: This study was to determine for analyze and verify the affect of Earning Per Share (EPS) and Price Earning Ratio (PER)  to stock return on food and beverage companies that listing in Indonesian Stock Exchange on 2016-2020 periods.

Methodology: Analysis method that used is multiple linear regression using SPSS 25.

Results: Result showed that Earning Per Share (EPS) negatively and insignificantly affect of stock’s return and Price Earning Ratio (PER) positively and insignificantly affect of stock’s return, simultaneously independent variables have insignificant effect on stock returns in Food and Beverage companies listed on Indonesia Stock Exchange

Applications: The benefits that the authors hope to obtain in this study include:

  1. Theoretical Benefits, This research is expected to help us to better understand the theories to be studied in this study and also by providing empirical evidence on the object data studied regarding the effect of financial ratios on stock returns, so that further research can expand, develop and perfect this research.
  2. Practice Benefits: -For investors, this research is expected to be taken into consideration before making stock transactions that will be traded in the capital market by looking at the analysis of the influence of the company's financial ratios to be studied that affect stock returns. -For companies, this research is expected to be input for all stakeholders involved in the formulation of financial policies, especially regarding stocks and capital markets.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>