Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tekanan Darah Dan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Pada Lansia Di PSTW Nirwana Puri Samarinda

Authors

  • Muhammad Muhammad Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Kadar Gulukosa Darah Sewaktu, Senam Yoga, Tekanan Darah

Abstract

Tujuan studi:Mengetahui Adanya Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tekanan Darah Dan Kadar Glukosa Darah Sewaktu Di PSTW Nirwana Puri Samarinda

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimentdenganĀ  melakukanpre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol ( One Group pre-post design ). Sampel peneliti sebanyak 21 orang , data didapat menggunakan Sphygnomanometer, stetoskop, glukomanometer, Safety Lancet dan Lembar Observasi. Uji dalam analisis bivariat adalah uji Paired Sampe T-Test dan Wilcoxon.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian paired sample t-test sistolik sebelum dan sesudah perlakuan didapatkan hasil p value= 0.000 <0.05, dan untuk hasil menggunakan uji wilcoxon didapatkan hasil tekanan darah diastolik sebleum dan sesudah perlakuan didapatkan hasil p value=0.007 <0.05. sedangkan hasil gula darah sewaktu sebelum dan sesudah perlakuanĀ  menggunakan uji wilcoxon didapatkan hasil p value= 0.002 <0.05.sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh senam yoga terhadap tekanan darah dan kadar glukosa darah sewaktu pada lansia di PSTW Nirwana Puri Samarinda.

Manfaat: Pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi media informasi terkait aktivitas fisik lansia serta memberikan manfaat bagi penghuni PSTW Nirwana Puri Samarinda agar bisa menambah pengetahuannya terhadap Aktivitas fisik yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan Glukosa darah sewaktu pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>