Hubungan antara Persepsi Manfaat dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada Remaja di SMK Negeri 2 Tenggarong

  • Desca Gema Misvialita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali
Keywords: persepsi manfaat, kepatuhan protokol kesehatan, remaja

Abstract

Tujuan studi : Guna mengetahui hubungan diantara persepsi manfaat dengan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada remaja yang bersekolah di SMK Negeri 2 Tenggarong

Metodologi : Penelitian yang dilakukan ialah jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan metode desain cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 862 siswa(i) dengan jumlah sampel responden sejumlah 192 siswa(i) kelas XI dan XII SMK Negeri 2 Tenggarong. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Data bivariat dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0.05).

Hasil : Hasil pada penelitian bahwa ada hubungan signifikan antara persepsi manfaat (p-value = 0.004) dengan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada remaja di SMK Negeri 2 Tenggarong.

Manfaat : Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan acuan pada penelitian selanjutnya, serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pembaharuan kurikulum kesehatan masyarakat dan dapat memberikan manfaat dalam khasanah ilmu kesehatan masyarakat khususnya dalam hal korelasi antara persepsi manfaat dengan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)