Hubungan Keterpaparan Media Massa dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Authors

  • Hanny Anggraini Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina

Keywords:

Keterpaparan Media Massa, Konsumsi Buah dan Sayur, Mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis “Hubungan keterpaparan media massa dengan konsumsi buah dan sayur pada mahasiswa kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur”.
Metodologi: Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel proporsional stratified random sampling menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 239 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji statistik Spearman rank (rho).
Hasil: Didapatkan hasil sebagian besar mahasiswa kurang konsumsi buah dan sayur sebesar 74,1%, dimana mahasiswa dengan keterpaparan media massa kurang (31,8%) memiliki konsumsi buah dan sayur kurang sebanyak (100%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara keterpaparan media massa dengan konsumsi buah dan sayur (p=0,000) yang berarti hipotesis nol ditolak.
Manfaat: Dapat meningkatkan keterpaparan media massa untuk menambah informasi mengenai buah dan sayur serta menerapkan konsumsi buah dan sayur sesuai anjuran WHO.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>