Hubungan Respon Time Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahrani Samarinda

  • Sugiono Sugiono Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin
Keywords: Respon Time, Kepuasan Pasien, RSUD Abdul Wahab Sjahrani

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Respon Time Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
Metodologi: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 2341 responden dan sampel pada penelitian ini di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga didapat 96 respoden. Tehnik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi respon time dan kuesioner kepuasaan. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian hubungan Respon Time terhadap tingkat kepuasaan pasien didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p= 0,002 < α= 0.05 maka H0 ditolak Ha diterima, yang berarti ada hubungan respon time terhadap tingkat kepuasaan pasien di ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
Manfaat: Manfaat dari penelitian ini dapat diketahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga dapat berpengaruh dalam peningkatan mutu pelayanan dari institusi dalam memberikan pelayanan yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>