Pengaruh Senam Lansia terhadap Tekanan Darah dan Kadar Glukosa Darah Sewaktu pada Lansia di PSTW Nirwana Puri Samarinda

Authors

  • Nur Elviana Daud Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

Kadar Glukosa Dara Sewaktu, Lansia, Tekanan Darah

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah dan kadar glukosa Darah sewaktu di PSTW nirwana puri samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini adalah pre eksperiment dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan di PSTW Nirwana Puri Samarinda dengan teknik Purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 21 orang lansia. Data didapat menggunakan Sphygnomanometer, stetoskop,glukomanometer dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan uji wilcoxon.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan hasil uji wilcoxon tekanan darah sistolik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu p-value 0.004 atau <0.05, hasil uji wilcoxon pada tekanan darah diastolik sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 0.012 atau <0.05 dan hasil uji wilcoxon pada kadar glukosa darah sewaktu sebelum dan sesudah perlakuan yaitu 0.028 atau < 0.05 sehingga dapat di nyatakan bahwa terdapat pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah dan kadar glukosa darah sewaktu pada lansia.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi media informasi terkait senam lansia dan memberikan manfaat bagi penghuni PSTW Nirwana Puri Samarinda agar menambah pengetahuan terhadap senam lansia yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan kadar glukosa darah sewaktu pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-12

Most read articles by the same author(s)

> >>