Hubungan Kebiasaan Makan Keluarga dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Nopia Kanadita Mahasiswa
  • Rusni Masnina
Keywords: Kebiasaan Makan Keluarga, Konsumsi, buah dan sayur, mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan makan keluarga dengan konsumsi buah dan sayur pada mahasiswa kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian obsevasional menggunakan rancangan cross sectional. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dananalisis data pada penelitian ini menggunakan uji Spearman Rank (Rho).

Hasil: Setelah dilakukan analisis Bivariat menggunakan uji Spearman Rank (Rho) didapatkan nilai P value 0,000 < nilai α = 0,05 yang artinya Ho ditolak, maka dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan makan keluarga dengan konsumsi buah dan sayur pada mahasiswa kesehatan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Manfaat: Meningkatkan kebiasaan makan yang baik dan menerapkan mengkonsumsi buah dan sayur serta sebagai referensi  dan kajian tentang konsumsi buah dan sayur yang bermanfaat bagi masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>