Hubungan Kecanduan Media dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Authors

  • Risma Yunita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari

Keywords:

Kecanduan media sosial, Tingkat kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan antara kecanduan media sosial dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 147 mahasiswa dan jumlah sampel sebanayak 107 mahasiswa, teknik pengambilan sample menggunakan startified random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 Keperawatan semester 2 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan uji chi-square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kecanduan media sosial dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa S1 Keperawatan dengan nilai P-value = 0.000<0.05

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat membantu dalam menambah informasi dan bahan evaluasi dalam penyelenggaran program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat dan sumber referensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-13

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>