Hubungan Perilaku Cyberbullying di Media Sosial dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa S1 Keperawatan UMKT

Authors

  • Asriyah Jamil Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari

Keywords:

Cyberbullying, Kecemasan, Remaja, Media Sosial

Abstract

Tujuan Studi : Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Hubungan Perilaku Cyberbullying di Media Sosial dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain Cross Sectional dengan jumlah responden 107 mahasiswa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Chi Square / Fisher Exact dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perilaku cyberbullying di media sosial dengan tingkat kecemasanpada mahasiswa S1 Keperawatan Universiitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dengan nilai p-value = 0.001< 0.05.

Manfaat : Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi dan acuan dalam penelitian berikutnya serta sebagai informasi mengenai hubungan perilaku cyberbullying di media sosial dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa keperawatan UMKT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>