Hubungan Manajemen Diri (Self-Management) dengan Citra Tubuh pada Pasien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja PUSKESMAS Palaran Samarinda

  • Lisa Hersanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitroh Asriyadi
Keywords: manajemen diri, citra tubuh, diabetes mellitus

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen diri (self management) dengan citra tubuh pasein DM pada wilayah lingkungan kerja Palaran.

Metode :Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling alat ukur kuisioner. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square.Penelitian dilakukan terhadap 70 responden pasien DM Wilayah lingkungan kerja Puskesmas Palaran.Didapatkan 45.7% menggambarkan manajemen diri yang baik dan 54.7% memiliki manajemen diri yang buruk.

Hasil: Dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen diri dengan citra tubuh pasien DM (p=0,00).

Manfaat: Penelitian ini mempunyai dampak positif terhadap peningkatan layakan keperawatan khususnya asuhan keperawatan pasien DM. Karena hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pasien yang mengalami masalah self care management DM.

Published
2020-01-13