Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Samarinda

  • Khairul Anwar Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina
Keywords: Kepatuhan Minum Obat, Obat Antihipertensi, Tekanan Darah, Hipertensi.

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat antihipertensi dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Air Putih Samarinda.

Metodologi : Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Air Putih Samarinda. Populasi penelitian sebanyak 468 responden, sampel sebanyak 83 responden dengan menggunakan tehnik accidental sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuisioner. analisa bivariat menggunakan uji chi-square.

Hasil : Menunjukan terdapat hubungan antara kepatuhan minum obat antihipertensi dengan tekanan darah sistolik dengan nilai P value = 0,000 (<0,05) dan tekanan darah diastolik dengan nilai P value = 0,000 (<0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara kepatuhan minum obat antihipertensi dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.

Manfaat : Meningkatkan pengetahuan dan memberikan informasi mengenai hubungan kepatuhan minum obat antihipertensi dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi, menjadi sebagai wacana ilmiah dan acuan untuk melaksanakan penelitian-penelitian lebih lanjut, khususnya yang menyangkut tentang kepatuhan pengobatan pada penderita hipertensi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13