Hubungan antara Status Pelatihan Proses Keperawatan dengan Sikap Perawat dalam Menerapkan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Samarinda
Keywords:
pelatihan, sikap, standar diagnosis keperawatan IndonesiaAbstract
Tujuan studi: Untuk Mengetahui adanya hubungan antara status pelatihan proses keperawatan dengan sikap perawat dalam menerapkan standar diagnosis keperawatan Indonesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Samarinda.
Metodologi: Jenis penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah perawat di ruang rawat inap non intensif dengan total responden 51 perawat. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner.
Hasil: Hasil penelitian status pelatihan proses keperawatan dengan sikap perawat dalam menerapkan standar diagnosis keperawatan Indonesia di dapatkan hasil ρ-Value = 0,137 > α 0,05. Maka H0 diterima yaitu tidak ada hubungan antara penelitian status pelatihan proses keperawatan dengan sikap perawat dalam menerapkan standar diagnosis keperawatan Indonesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Samarinda.
Manfaat: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi perawat untuk meningkatkan mutu pendiagnosisan menjadi standar diagnosis keperawatan Indonesia.