Analisis Rekam Medis Penyalahgunaan Napza Berdasarkan Karakteristik Individu dengan Menggunakan Teknik Decision Tree Algoritma C4.5

  • Fatimah Fatimah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Rekam Medis, Penyalahgunaan Napza, Napza, Karakteristik Individu

Abstract

Tujuan Studi: kasus penyalahgunaan napza semakin tahun terjadi meningkat signifikan hal ini mempengaruhi rehabilitasi penyalahgunaan napza sebagai tempat perawatan pasien kasus penyalahgunaan napza, untuk itu dibutuhkan rekam medis dengan jumlah yang banyak, kemudian dari hal ini peneliti tertarik untuk meneliti rekam medis dengan menggunakan teknik data mining C4.5. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekam medis penyalahgunaan napza berdasarkan karakteristik individu dengan menggunakan teknik Decision tree dengan algoritma C4.5 di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Tanah Merah Samarinda.

Metodologi: metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif, kemudian sampel yang digunakan adalah rekam medis pada tahun 2016-2019 dengan melihat karakteristik individu penyalahgunaannapza. Analisa data menggunakan aplikasi software Rapid Miner 9.6.0 dengan teknik decision tree algoritma C4.5 dengan jumlah sampel 577 rekam medis.

Hasil: hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa akar dari pohon keputusan adalah kategori usia pasien yang dimana jumlah terbanyak adalah kategori dewasa awal (26-35 th) (259 pasien) pada Balai Rehabilitasi BNN, yang kemudian diikuti oleh jenis kelamin laki-laki (562 pasien), pendidikan SMA (308 pasien), dan pekerjaan yang tidak bekerja (231 pasien) sebagai cabang pohon keputusan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik responden penyalahgunaan napza seperti usia, pendidikan, dan pekerjaan sangat berpengaruh sebagai faktor terjadinya penyalahgunaan napza.

Manfaat: Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi baru dalam bidang keperawatan khususnya pada teknologi pengumpulan data rekam medis pasien dengan analisis Data Mining dengan teknik decision tree dengan algoritma C4.5 serta sebagai pengetahuan, antisipasi, dan evaluasi dari hal yang menjadi faktor penyebab pengguna napza.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24

Most read articles by the same author(s)