Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa saat Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Nadila Zuhaebah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun
Keywords: Jenis Kelamin, Tingkat Kecemasan, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan studi : Mengetahui hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa saat pembelajaran daring di Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur.

Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk descriptive correlationalyang menggunakan pendekatan cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 369 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik quota sampling.

Hasil : Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa sebanyak 10,8% mahasiswa tidak memiliki kecemasan, 14,9% memiliki kecemasan ringan, 19,2% mengalami kecemasan sedang, 35,5% mengalami kecemasan berat, 19,5% mengalami kecemasan sangat berat.

Kesimpulan : Jenis kelamin mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur yang mengalami adanya kecemasan berat yaitu perempuan sebanyak 102 orang (37,6%). Berdasarkan hasil analisis bivariate menunjukkan nilai yang signifikan yaitu P Value = 0,01 < 0,05, maka terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kecemasan saat pembelajaran daring di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>