Analisis RekamMedis Penyalahgunaan NAPZA Berdasarkan Lingkungan Sosial dengan Menggunakan Teknik Decision Tree Algoritma C4.5

  • khairun Nisa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Analisis Rekam Medis, Data Mining, Penyalahgunaan NAPZA

Abstract

Tujuan Studi: Bagaimana analisis rekam medis penyalahgunaan NAPZA berdasarkan lingkungan sosial dengan menggunakan teknik decision tree dengan algoritma C4.5.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara retrospektif melalui observasi dan studi dokumentasi rekam medis di Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda. Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan aplikasi Rapid Miner.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, analisis data mining, dan pembahasan yang dilakukan pada rekam medis pasien penyalahgunaan NAPZA dengan karakteristik pasien di Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Tanah Merah Samarinda, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah rekam medis yang dianalisa menggunakan data mining sebanyak 577 dengan hasil kategori riwayat teman sekolah tidak (No) sebanyak 521 pasien menjadi root node atau akar dari decision tree, yang diikuti kategori riwayat keluarga inti tidak(No) sebanyak 452 pasien, kategori riwayat keluarga lainnya tidak (No) sebanyak 420 pasien, kategori riwayat teman sebaya iya (Yes) sebanyak 369 pasien. Decision tree telah berhasil mengidentifikasi karakteristik pasien di Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda dan menemukan beberapa rules yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Manfaat: Manfaat dari studi ini sebagai bahan informasi darianalisis rekam medis penyalahgunaan NAPZA berdasarkan lingkungan sosial dengan menggunakan teknik decision tree dengan algoritma C4.5.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-26

Most read articles by the same author(s)