Analisis Rekam Medis Pasien Gangguan Proses Pikir Waham dengan Menggunakan Algoritma C4.5 di Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda

  • Abi Prakasa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Waham, Rekam Medis, Algoritma C4.5

Abstract

Tujuan studi: Menganalisis rekam medis pasien gangguan proses pikir waham berdasarkan karakteristik responden menggunakan decision tree algoritma C4.5 di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dan pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dan instrument penelitian berupa doumentasi rekam medis. Jumlah data rekam medis pasien gangguan proses pikir waham sebanyak 54 data, kemudian seluruhnya diolah menggunakan decision tree Algoritma C4.5.

Hasil: Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari total 54 pasien yang paling dominan adalah pasien dengan jenis kelamin laki-laki, dengan kategori usia yang paling dominan adalah usia dewasa.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga dalam menambah wawasan pengetahuan dan mampu menganalisis suatu permasalahan dengan menggunakan cara pikir yang ilmiah serta diharapkan mampu menjadi bahan perbandingan dan menjadi data yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam proses penelitian selanjutnya, sehingga bagi peneliti selanjutnya mampu memunculkan inovasi yang baru, berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24

Most read articles by the same author(s)