Analisis Rekam Medis Pasien Isolasi Sosial dengan Menggunakan Algoritma C4.5 di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda

Authors

  • Nadia Setyorini Utami Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Isolasi Sosial, Rekam Medis, Algoritma C4.5

Abstract

Tujuan studi: Menganalisis rekam medis pada pasien isolasi sosial dengan menggunakan algoritma C4.5 di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan deskriptif  kuantitatif dengan data rekam  medis pasien isolasi sosial sebanyak 53 data yang diolah menggunakan algoritma C4.5.

Hasil: Hasil penelitian diketahui bahwa dari total 53 data rekam medis pasien isolasi sosial yang paling dominan adalah pasien laki-laki dengan kategori usia dewasa muda yang di latarbelakangi dengan riwayat penyakit dengan gangguan jiwa dan ditambah dengan tidak adanya orang terdekat dalam hidupnya.

Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman tentang analisis rekam medis pasien isolasi sosial menggunakan algoritma C4.5. Serta, hasil penelitian ini mampu menjadi bahan acuan dan perbandingan bagi penelitian selanjutnya, sehingga penelitian selanjutnya mampu membuat inovasi baru dan berkualitas serta dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

> >>