Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Samarinda

  • Ghina Fansuri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: COVID-19, Kepatuhan, Masker, Pengetahuan

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan kepatuhan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Samarinda.

Metodologi:Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cross-sectional. Dilakukan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, perhitungan sampel menggunakan uji Isaac and Michael dan jumlah sampel sebanyak 1470 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms, dan menggunakan uji chi-kuadrat untuk menganalisis data penelitian.

Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 1.470 responden, berdasarkan hasil uji chi-square terhadap pengetahuan masyarakat mengenai COVID19 dengan ketaatan penggunaan masker dengan nilai p value 0,000 (p<0,05), sehingga HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dinyatakan ada keterkaitan antara pengetahuan dengan kepatuhan pemakaian masker.

Manfaat: Upaya promosi dan pencegahan COVID-19 dapat diperkuat dalam bentuk pendidikan kesehatan masyarakat dan upaya pencegahan terkait COVID-19 dapat diterapkan dengan melakukan protokol kesehatan berupa penggunaan masker.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>