Analisis Rekam Medis Penyalahgunaan Napza Berdasarkan Status Psikiatri Dengan Menggunakan Teknik Decision Tree Algoritma C4.5

  • Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Data Mining, Napza, Masalah Psikiatri

Abstract

Tujuan studi: Penelitian bertujuan untuk menganalisis rekam medis penyalahgunaan Napza berdasarkan status psikiatri dengan menggunakan teknik Decision tree algoritma C4.5.

Metodologi: Menggunakan rancangan metode kuantitatif dengan pendekatan Retrospektif melalui observasi studi dokumentasi rekam medis dalam arsip dokumen yang tersimpan di Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda. Pengelolaan data menggunakan aplikasi Rapid Miner 9.6.000 dengan Decision tree Algoritma C4.5 dengan jumlah sampel 577 rekam medis.

Hasil: Dari 577 sampel rekam medis masalah psikiatri terbanyak, yaitu depresi 159 orang, jenis penyalahgunaan Napza yang paling dominan alkohol dan amfetamin, menghasilkan pohon keputusan sebanyak 22 rules, algoritma C4.5 berhasil mempresentasikan 4 jenis kategori predikat dari 7 jenis kategori penyalahgunaan Napza terbanyak dan presentasi data yang terbaca sebanyak 57,14%.

Manfaat: Di harapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, Hasil penelitian ini dapat di
jadikan sebagai masukan bagi institusi terkait seperti Departemen Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional, bisa sebagai sarana informasi dan menurunkan angka tingkat penyalahgunaan Napza secara berulang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26

Most read articles by the same author(s)