Analisis Rekam Medis Jenis Halusinasi Dengan Menggunakan Tekhnik Deccision Tree Algoritma C4.5 Di Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda

Authors

  • Suhendra Suhendra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Kata Kunci: Rekam Medis, Data Mining, Skizofrenia, Gangguan Persepsi Sensori Halusinasi.

Abstract

Tujuan studi: Untuk menganalisis rekam medis pasien risiko perilaku kekerasan dengan menggunakan algoritma C4.5 di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan jumlah catatan rekam medis pasien skizofrenia dengan halusinasi sebanyak 450 data, dan diolah dengan algoritma C4.5.

Hasil: Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari total 450 pasien yang paling dominan adalah pasien dengan jenis kelamin laki-laki, dengan kategori usia yang paling dominan adalah usia dewasa, dan jenis halusinasi terbanyak yaitu halusinasi audiotonik.

Manfaat: Hasil Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan referensi dalam meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan khususnya mengenai analisis rekam medis pasien skizofrenia gangguan persepsi sensori halusinasi melalui implementasi teknik data mining C4.5, selain itu Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga dalam menambah wawasan pengetahuan dan mampu menganalisis suatu permasalahan dengan menggunakan cara pikir yang ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-26

Most read articles by the same author(s)

> >>