Hubungan Antara Pekerjaan Ibu Dan Motivasi Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi 6-12 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Harapan Baru Samarinda

Authors

  • Aisyah Astuti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih

Keywords:

Pekerjaan ibu, Motivasi, ASI Eksklusif

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui Hubungan Pekerjaan Ibu dan motivasi dalam pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakan Desain penelitian Kuantitatif Korelasional dengan pendekatan Cross-Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia 6-12 bulan. Pengambilan Sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dan menggunakan rumus Slovin dari tiap Cluster Sampling menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Dalam menguji Hipotesis Peneliti menggunakan Analisis Uji Chi-Square.

Hasil :Hasil uji Chi-Square menunjukkan hubungan antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Ekslusif dengan nilai P-Value (0,04)<(0,05) R= (0,438) dan hubungan antara motivasi dengan pemberian ASI Eksklusif dengan nilai P-Value (0,01)≤(0,05) R= (2.897). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan ibu dan motivasi dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan di posyandu wilayah kerja Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Manfaat : Sebagai sumber informasi kepada ibu dalam proses menyusui, menambah pengetahuan ibu tentang pemberian ASI Eksklusif bagi ibu, sebagai sumber informasi kepada pihak puskesmas untuk memantau dan mengarahkan ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif terhadap bayi, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa keperawatan, menambah wawasan dan pengalaman dalam meningkatkan ilmu pengetahuan bagi peneliti, serta mampu mengaplikasikan ilmu dan metode penelitian secara langsung, serta sebagai bahan masukan atau sumber data bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang analisis faktor pemberian ASI Eksklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

> >>