Pengaruh Pemberian Terapi Musik Suara Alam Terhadap Status Hemodinamik Pasien Anak yang Terpasang Ventilasi Mekanik

  • Muhammad Wahyu Ramdani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni wayan Wiwin Asthiningsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Musik Suara Alam, Hemodinamik, Ventilasi Mekanik

Abstract

Tujuan studi: Riset ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pemberian terapi musik suara alam terhadap status hemodinamik anak yang terpasang ventilator mekanik di ruang PICU RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Menggunakan metode eksperimen dengan convenience/accidental dengan jumlah 15 sampel dan mengumpulkan data dengan lembar observasi .

Hasil: Penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan metode Paired Sampel T-Test untuk data yang berdistribusi normal dan Wilcoxon Signet Rank untuk data yang berdistribusi tidak valid. Hasil analisis variabel CRT diperoleh nilai signifikan 0.00. sedangkan nilai signifikan variabel respiratori rate, SpO2, heart rate, tekanan darah sistolik, diastolik, dan MAP lebih besar dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan  terapi musik suara alam berpengaruh terhadap nilai CRT, namun tidak berakibat terhadap respiratori rate, SpO2, heart rate, tekanan darah sistolik, diastolik, dan MAP.

Manfaat: Diharapkan hasil riset ini bisa memperkaya ilmu pengetahuan dan sebagai sarana informasi dalam pemberian terapi musik suara alam sebagai terapi non farmakologis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27