Hubungan Aktivitas Gadget dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah : Literature Review

  • Lutfia Novi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Aktivitas Gadget, Ketajaman Penglihatan

Abstract

Tujuan Studi : Review artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan aktivitas gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah dengan peneliti sebelumnya.

Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : Jurnal bahasa indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak usia sekolah 6-12 tahun dengan ketajaman penglihatan, artikel orisinil full text, tema artikel Hubungan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah 6-12 tahun dengan variabel aktivitas gadget.

Hasil : Hasil studi 15 artikel berdasarkan 4 database google scholar, pubmed, researchgate, garuda didapatkan dari 15 jurnal yang terdiri dari 5 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional ditemukan 15 jurnal yang berhubungan dengan aktivitas gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak usia. Aktivitas gadget yang benar dan baik dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan ketajaman penglihatan

Manfaat : Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan dan referensi khususnya di area ke keperawatan anak dan bisa menjadi bahan perbandingan peneliti terkait dengan fenomena atau variabel yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29