Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang kejadian Stunting dan Riwayat Penyakit Infeksi dengan kejadian Stunting pada Balita : Literature Review

Authors

  • M. Alfarizi Palewo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih

Keywords:

Balita, Pengetahuan Ibu, Riwayat Infeksi, Stunting

Abstract

Tujuan studi: Artikel review ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan ibu tentang gizi dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian stunting pada anak balita dengan penelitian sebelumnya.

Metodologi: Penelitian in merupakan penelitian kepustakaan (library research), yakni serangkaian penelitian yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya ditelusuri melalui Informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : artike jurnal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021, balita dengan usia 1-5 tahun dengan kejadian stunting, artikel original penelitian, full teks,free text, terdapat nama jurnal, tahun, volume, nomor dan halaman jurnal, tema artikel hubungan kejadian stunting pada balita usia 1-5 tahun, pengetahuan ibu tentang gizi dan riwayat penyakit infeksi.

Hasil: Berdasarkan hasil studi 20 jurnal yang telah dilakukan analisis literature review, dari 3 database google scholar, pubmed, dan research gate. Didapatkan 15 jurnal menyatakan adanya hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian stunting pada balita dan 5 jurnal menyatakan tidak adanya hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dan riwayat penyakit infeksi dengan kejadian stunting pada balita.

Manfaat:Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian serta menambah informasi mengenai kejadian stunting yang berhubungan dengan pengetahuan ibu tentang gizi dan riwayat penyakit infeksi. Bagi instritusi pendidikan keperawatan, diharapkan menambah khasanah ilmu pengetahuan keperawatan khususnya asuhan keperawatan pada anak. Dan bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan tambahan informasi bagi peneliti selanjutnya dengan ruang lingkup yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>