Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Usia Sekolah : Literature Review

Authors

  • Aditya Aditya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Anak Usia Sekolah, Kebiasaan Membaca, Ketajaman Penglihatan

Abstract

Tujuan Studi : Review artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kebiasaan membaca dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah dengan penelitian sebelumnya.

Metodologi : Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : Jurnal bahasa indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak usia sekolah 6-12 tahun denganĀ  ketajaman penglihatan, artikel orisinil full text, tema artikel Hubungan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah 6-12 tahun dengan variabel kebiasaan membaca.

Hasil : Hasil studi 15 artikel berdasarkan 4 database google scholar, pubmed, researchgate, garuda didapatkan dari 15 jurnal yang terdiri dari 5 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional ditemukan 15 jurnal yang berhubungan dengan kebiasaan membaca dengan ketajaman penglihatan pada anak usia. Kebiasaan membaca yang benar dan baik dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan ketajaman penglihatan.

Manfaat : Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan dan referensi khususnya di area ke keperawatan anak dan bisa menjadi bahan perbandingan peneliti terkait dengan fenomena atau variabel yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>