Hubungan Paritas Ibu dan Promosi Susu Formula dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Posyandu Harapan Baru Samarinda

  • Luluk Muflikhatul Maulidiyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih
Keywords: Paritas Ibu, Promosi Susu Formula, ASI Eksklusif

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara paritas ibu dan promosi susu formula dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif corelation, pendekatan dilakukan secara cross sectional dengan jumlah sampel 107 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesioner paritas ibu dan promosi susu formula. Analisis data menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Pada variabel paritas ibu didapatkan nilai p Value sebesar 0,038, dan pada variabel promosi susu formula didapatkan nilai p Value sebesar 0,024. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara paritas ibu dan promosi susu formula dengan pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai informasi kepada ibu dalam proses menyusui, serta dapat menambah pengetahuan ibu tentang pemberian ASI Eksklusif. Sebagai sumber informasi kepada pihak Puskesmas wilayah Harapan Baru Samarinda untuk memantau dan mengarahkan ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif terhadap bayi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27