Hubungan Imunisasi Dasar Dan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian StuntingPada Balita : Literature Review

Authors

  • Egy Febiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Balita, Dukungan Keluarga,, Imunisasi, Stunting

Abstract

Tujuan studi :Review artikel ini bertujuanuntuk menganalisis hubungan imunisasi dasar dan dukungan keluarga dengan kejadian stunting pada balita dengan peneliti sebelumnya.

Metodologi :Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Kriteria inklusi : Jurnal bahasa Indonesia dan bahasa inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021, balita dengan usia 1-5 tahun dengan kejadian stunting, artikel original penelitian, full text,free text, terdapat nama jurnal, tahun, volume, nomor dan halaman jurnal, tema artikel hubungan Kejadian stunting Pada balita usia 1-5 tahun dengan variabel  kelengkapan imunisasi dasar dan dukungan keluarga.

Hasil :  Hasil studi 20 artikel berdasarkan dari 3 database google scholar, pubmed, reaschgate didapatkan dari 20 jurnal yang terdiri dari 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional ditemukan 13 jurnal imunisasi dasar dan 6 jurnal dukungan keluarga yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita, dan 1 jurnal  dukungan keluarga yang tidak terdapat hubungan dengan kejadian stunting pada balita. Riwayat Imunisasi dasar yang tidak lengkap dan dukungan keluarga yang kurang beresiko terjadinya stunting.

Manfaat : Bagi peneliti hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian serta mampu menjadi landasan yang kuat bagi peneliti selanjutnya, khususnya dalam topic yang menyangkut imunisasi dasar dan dukungan keluarga dengan kejadian stunting, bagi institusi pendidikan bagi institu pendidikan keperawatan hasil penelitian dapat menambah ilmu pengetahuan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>