Hubungan Antara Faktor Peran Pendidik dengan Pembentukan Karakter Berbasis Islami pada Remaja

Authors

  • Ellya Nur Safitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Peran pendidik, pembentukan karakter, remaja

Abstract

Tujuan studi: Karakter remaja saat ini sangat mengkhawatirkan bangsa dengan adanya tindakan remaja yang tidak mencerminkan pembentukan karakter yang baik di sekolah maupun diperguruan tinggi, hal iniĀ  sebagaimana Kemendiknas mengakui kalangan remaja di Indonesia banyak memiliki perilaku yang menyimpang seperti nilai-nilai, budaya, agama dan moral. Dalam pembentukan karakter salah satu faktor peran yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seorang remaja ialah peran pendidik terhadap peserta didik di masyarakat,sekolah, maupun perguruan tinggi, maka sangat ditekankan sekali nilai karakter ditanamkan.

Metodologi: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatis dengan desain cross sectional dan tehnik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah 603 orang, maka untuk tingkat kepercayaan yang digunakan 0,05 sehingga jumlah sampel adalah 241 orang mahasiswa, yang terdiri dari 6 Program Studi dengan rincian program studi S1 Keperawatan sebanyak 56 orang, program studi D3 Keperawatan sebanyak 41 orang, program studi S1 Kesehatan Lingkungan sebanyak 15 orang, program studi D3 Kesehatan Lingkungan sebanyak 4 orang, program studi S1 Kesehatan Masyarakat sebanyak 68 orang dan program studi S1 Farmasi sebanyak 57 orang. Dengan menggunakan tehnik analisa chi square.

Hasil: Hasil Penelitian ini diperoleh dengan nilai p-value 0,008 < 0,05. Sehingga H0 ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran pendidik dengan pembentukan karakter islami pada mahasiswa fakuItas kesehatan dan farmasi Universitas Muhammadiyah KaIimantan Timur. Dengan nilai Odd ratio sebesar 2,054.

Manfaat: Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi sebagai data awal penelitian selanjutnya mengenai faktor peran pendidik yang berhubungan dalam pembentukan karakter islami peda remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-27

Most read articles by the same author(s)

> >>