Hubungan Riwayat Menyusui Dukungan Keluarga Dan Riwayat Keluarga Dengan Kejadian Kanker Payudara

Authors

  • Aji Mohammad Irfannur Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari

Keywords:

Riwayat menyusui, Dukungan Keluarga, Riwayat Keluarga, Kanker Payudara

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Riwayat menyusui dukungan keluarga dan Riwayat keluarga terhadap kejadian kanker payudara.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penderita kanker payudara berusia 25 – 65 Tahun di samarinda yang berjumlah (jumlah nya masukkan dsini) responden, yang diambil dengan teknik purposive sampling, tetapi karena terkendala pandemic Corona, sampel yang didapatkan hanya berjumlah 216 responden. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dan data dianalisa menggunakan aplikasi analisis komputer yang kemudian dilanjutkan dengan uji chi-square dengan signifikansi α = 0.05.

Hasil: Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan dapat dilihat dari nilai p-value sebesar 0.000 < taraf signifikan α yaitu 0.05.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bisa memberikan pengetahuan, informasi pembanding, pertimbangan, pengembangan penelitian sejenis untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>