Pengaruh ROA (Return on Asset) dan NPM (Net Profit Margin) terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Property and Real Estate yang Terdaftar di bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Hevi Riani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah

Keywords:

Return On Asset, Net Profit Margin, Return Saham

Abstract

Tujuan Studi: Agar dapat melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel ROA (Return on Asset) serta variabel Net Profit Margin (NPM)terhadap return saham, yang akan diteliti ialah perusahaan sektor Propertyand Real Estate.

Metodologi: teknik yang digunakan ialah Purposive Sampling, jumlah yang dihasilkan ialah 10 sampel. Lalu menggunakan metode Analisis Regresi LinierBerganda dibantu dengan program komputer SPSS 23.

Hasil: Berdasarkan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwasanya ROA terdapat pengaruh signifikan pada return saham, sebaliknya, NPM tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan secara simultan ROA dan NPM terdapat pengaruh yang signifikan terhadap return saham.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat luas maupun pihak investor dalam menganalisis tingkat return saham sebelum berinvestasi, terkhusus juga bagi pihak perusahaan sendiri agar berguna untuk melihat perkembangan perusahaan mereka dimasa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-14

Most read articles by the same author(s)

> >>