Pengaruh Return on Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI

Authors

  • Putri Indah Dewi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah

Keywords:

Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Nilai Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor property dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti sendiri.

Sampel pada penelitian ini terdiri dari 39 perusahaan property dan real estate. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data tersebut diolah menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F dan menggunakan alat bantu yaitu dengan menggunakan program IBM SPSS20. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan secara simultan Return On Asset (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai signifikansi 0,028. Secara parsial menunjukkan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,08 dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan nilai signifikansi 0,02.

 

 

Kata kunci : Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Nilai Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>