Hubungan Pemberian Asi Eksklusif dan Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Stunting pada Balita: Literatur Review

  • Reza Pitaloka Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih
Keywords: Asi Eksklusif, Balita, sanitasi, stunting

Abstract

Tujuan studi : Review artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan asi eksklusif dan sanitasi lingkungan dengan kejadian stunting pada balita dengan peneliti sebelumnya.

Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan Informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : Jurnal nasional dan international, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021, balita dengan usia 1-5 tahun dengan kejadian stunting, artikel original penelitian, full teks,free text, terdapat nama jurnal, tahun, volume, nomor dan halaman jurnal, tema artikel hubungan Kejadian stunting Pada balita usia 1-5 tahun dengan variabel pemberian asi eksklusif dan sanitasi lingkungan.

Hasil :  Berdasarkan Hasil studi 20 artikel yang telah dilakukan analisis literature review, dari 3 database google scholar, pubmed, dan portal garuda, didapatkan 20 jurnal yang terdiri dari 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional, ditemukan 12 jurnal pemberian asi eksklusif dan 10 jurnal sanitasi lingkungan yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak balita. Dimana pemberian asi eksklusif dan sanitasi lingkungan yang buruk beresiko meyebabkan terjadinya stunting pada anak balita.

Manfaat : Bagi peneliti hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah  pengetahuan, wawasan serta keterampilan dalam melakukan penelitian serta mampu menjadi landasan yang kuat bagi peneliti selanjutnya, khususnya dalam topic yang menyangkut asi eksklusif dan sanitasi lingkungan dengan kejadian stunting, bagi institusi pendidikan bagi institu pendidikan keperawatan hasil penelitian dapat menambah ilmu pengetahuan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)