Hubungan.antara Pengetahuan dengan Kepatuhan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19.pada Remaja di SMK Negeri 2 Tenggarong

Authors

  • Ummi Mardiati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Pengetahuan, Kepatuhan Protokol Kesehatan, Remaja, COVID-19

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dengan adanya penelitian yang sudah dilakukan yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada remaja di SMK Negeri 2 Tenggarong.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah responden sebanyak 382 siswa/i kelas XI dan XII SMK Negeri 2 Tenggarong. Teknik pengambilan sampel dengan Proportionate Stratified Random Sampling. Data bivariat dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α =0,05).

Hasil: Hasil pada penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p-value = 0.028) dengan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada remaja di SMK Negeri 2 Tenggarong.

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai sumber informasi dan bahan evaluasi bagi remaja maupun peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>