Literature Review Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Stress pada Remaja

Authors

  • Lestiani Aulia Hasmy Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali Ghozali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

pademi, stress, kesehatan mental, COVID-19, remaja

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental (stress) pada remaja
Metodelogi: Metodelogi yang digunakan pada penelitian kali ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan dalam penelitian bersumber dari database publikasi ilmiah Google Scholar, PubMed, Scienscedirect dan Wiley Online dengan kata kunci pandemi COVID-19, kesehatan mental, remaja, adolescent, stress, COVID-19 pandemic dan mental health.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa baik negara maju maupun berkembang menampilkan hasil yang serupa yakni terdapat hubungan antara dampak pandemi COVID-19 terhadap stress pada remaja, stres yang dialami oleh remaja dimasa pandemi berlangsung diakibatkan oleh beberapa faktor. Perubahan sistem pembelajaran menjadi daring, rasa bosan, khawatir serta cemas akan tertularnya COVID-19 merupakan beberapa faktor diantaranya.
Manfaat: Penelitian Literature Review ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian lebih lanjut dan sebagai informasi tambahan dalam bidang kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-13

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>