Hubungan Berat Badan Lahir dan Personal Hygiene dengan Kejadian Stunting pada Anak Balita : Literature Review

Authors

  • Sanita Putri Ardiyani Universitas Muhammadiyah Klimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih

Keywords:

Balita, Berat Badan Lahir, Personal Hygiene, Stunting

Abstract

Tujuan studi: Artikel review ini bertujuan untuk menganalisis hubungan berat badan lahir, dan personal hygiene dengan kejadian stunting pada anak balita dengan peneliti sebelumnya.

Metodologi: Penelitian in merupakan penelitian kepustakaan (library research), yakni serangkaian penelitian yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya ditelusuri melalui Informasi kepustakaan (jurnal ilmiah). Kriteria inklusi : artike jurnal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2016-2021, balita dengan usia 1-5 tahun dengan kejadian stunting, artikel original penelitian, full teks,free text, terdapat nama jurnal, tahun, volume, nomor dan halaman jurnal, tema artikel hubungan kejadian stunting pada balita usia 1-5 tahun, variabel berat badan lahir dan personal hygiene.

Hasil: Berdasarkan Hasil studi 20 artikel yang telah dilakukan analisis literature review, dari 3 database google scholar, pubmed, dan portal garuda, didapatkan 20 jurnal yang terdiri dari 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional, ditemukan 11 jurnal berat badan lahir dan 9 jurnal personal hygiene yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak balita. Dimana berat badan lahir yang kurang dan perilaku praktik personal hygiene yang buruk beresiko meyebabkan terjadinya stunting pada anak balita.

Manfaat: Penelitian literature review ini diharapkan dapat dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian serta mampu menjadi landasan yang kuat bagi peneliti selanjutnya, khususnya dapat menambah informasi mengenai hubungan berat badan lahir dan personal hygiene dengan kejadian stunting pada anak balita, bagi institu pendidikan keperawatan hasil penelitian dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan keperawatan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

> >>