Hubungan Pengetahuan Orang Tua, Pola Asuh dan Status Gizi dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda
Keywords:
Pengetahuan, Pola Asuh, Status GiziAbstract
Tujuan studi: Untuk menganalisa hubungan pengetahuan orang tua, pola asuh dan status gizi dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 82 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji statistik Spearman Rho.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian antara pengetahuan orang tua dengan perkembangan bahasa diperoleh nilai (p value = 0.000; r = 0.466), sedangkan pola asuh dengan perkembangan bahasa anak didapatkan nilai (p value = 0.042; r = 0.226) dan hasil dari status gizi dengan perkembangan bahasa diperoleh nilai (p value = 0,000; r = 0.621).
Manfaat: Sebagai referensi penelitian yang berhubungan dengan pengetahuan orang tua, pola asuh dan status gizi dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah.