Pengaruh Terapi Elektrik Akupuntur terhadap Nilai Pulse Pressure pada Pasien Hipertensi: Literature Review

  • Dinda Ayu Framaisella Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taufik Septiawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Electro acupuncture, pulse pressure, hypertension

Abstract

Tujuan studi: Untuk menganalisis adanya pengaruh terapi elektrik akupuntur terhadap nilai pulse pressure pada pasien hipertensi berdasarkan hasil literature review.

Metodologi: Metode penelitian menggunakan literature review. Pencarian jurnal menggunakan Science Direct, PubMed, dan Google Schoolar dengan tahun publikasi 2009-2010. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah elektrik akupuntur, akupuntur, tekanan darah, pulse pressure, dan hipertensi, sehingga didapatkan 15 jurnal untuk di review. Setelah dilakukan penyeleksian data berdasarkan kriteria inklusi dan eklusi selanjutnya dilakukan RAC (Research Appraisal Checklist) pada jurnal. Hasil penelitian literatur ditulis dalam tabel of analysis dimana pada tabel memuat hasil analisis dari literatur yang digunakan mencakup nama peneliti, tahun publikasi jurnal, judul, tujuan, sampel, desain penelitian, dan hasil penelitian.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan 9 jurnal elektrik akupuntur dan 6 artikel akupuntur menunjukan terapi positif memiliki pengaruh terhadap penurunan TDS (Tekanan Darah Sistol) dan TDD (Tekanan Darah Diastol) yang juga ikut mempengaruhi nilai pulse pressure pada pasien hipertensi yang berarti ada pengaruh terapi elektrik akupuntur terhadap nilai pulse pressure pada pasien hipertensi.

Manfaat: Untuk menganalisis adanya pengaruh terapi elektrik akupuntur terhadap nilai pulse pressure pada pasien hipertensi berdasarkan hasil literature review serta dapat mengembangkan pengaplikasian dalam pemberian perawatan komplementer, khususnya terapi elektrik akupuntur pada penderita hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24